Manfaat menakjubkan jus tomat

Siapa yang tidak mengenal buah tomat? Buah ini memiliki warna menarik, rasa yang enak serta bermanfaat bagi kesehatan. Mengkonsumsi tomat setiap hari merupakan investasi bagi tubuh kita.

Tomat mengandung banyak antioksidan tinggi bernama likopen yang terbukti melawan kanker. Tomat merupakan sumber berlimpah vitamin dan mineral. Tomat mencegah penyakit kardiovaskular, menyehatkan mata, mencegah hipertensi serta infeksi saluran kemih.

Likopen tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Tubuh memerlukan likopen sebagai antioksidan. Tidak ada buah dan sayuran lain yang mengandung likopen sebanyak yang terdapat di dalam tomat.

Untuk merasakan manfaat tomat bagi tubuh, kita memerlukan setidaknya 540 ml cairan tomat. Artinya satu gelas jus tomat setiap hari mampu menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan dan Manfaat Jus Tomat

* Sumber antioksidan tertinggi. Kandungan likopen efektif melawan radikal bebas dan segala jenis kanker.

* Mengurangi kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Likopen mencegah oksidasi lipid sehingga mencegah penyakit kardiovaskular. Mengkonsumsi jus tomat secara teratur mengurangi kolesterol dan trigliserida di dalam darah. Kolesterol dan trigleserida merupakan lemak yang dapat menyumbat pembuluh darah.

* Kaya vitamin dan mineral. Satu buah tomat menyediakan 40% kebutuhan vitamin C setiap hari. Vitamin C juga merupakan zat antioksidan yang penting. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin A dan K, potassium dan zat besi. Potassium menjaga kesehatan saraf dan zat besi menjaga kesehatan darah. Vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah.

* Mengurangi efek yang ditimbulkan dari rokok. Tomat mengandung asam kumarat dan asam khlorogenik yang melawan nitrosamin, yang merupakan karsinogen utama dalam rokok.

* Meningkatkan penglihatan. Vitamin A dalam tomat meningkatkan penglihatan, mencegah buta senja dan degenerasi makular.

* Menjaga kesehatan pencernaan. Tomat mencegah sembelit dan diare. Tomat juga efektif mengeluarkan racun dalam tubuh.

* Menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi tomat setiap hari mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

* Meringankan diabetes. Mengonsumsi tomat setiap hari mengurangi oxidative stress pada diabetes tipe 2.

* Menjaga kesehatan kulit, gigi, tulang, dan rambut. Konsumsi tomat mencegah bahaya sinar UV. Tomat merupakan bahan utama untuk produk anti penuaan.

* Mencegah infeksi saluran kemih.

* Mencegah batu ginjal. Tomat dapat melarutkan batu ginjal.

0 komentar:

Posting Komentar