JUS BEBAS JERAWAT

Masa remaja sepertinya identik dengan masa jerawat, sehingga dijuluki juga sebagai "penyiksa remaja" karena selalu timbul di masa remaja sampai terus di usia tiga puluhan. Jerawat (acne vulgaris) sebenarnya adalah radang biasa pada kulit muka, leher, bahu, dada dan juga punggung bagian atas.
Saat seorang anak masuk masa remaja, kelenjar kelenjar tubuhnya mengeluarkan hormon kelamin yang beredar di seluruh jaringan tubuh. Salah satu pengaruh hormon ini adalah merangsang kelenjar minyak yang halus di daerah kulit yang berhubungan dengan kantong kantong rambut. Dalam kelenjar ini sel-sel berkembang biak dengan cepat sekali sehingga salurannya tersumbat dengan sel-sel tersebut. Kelenjar tersebut sangat giat bekerja walau produksinya tidak mencapai ke permukaan kulit.
Waktu kelenjar halus itu membesar, jaringan di sekitarnya mengeras dan menimbulkan "bintil putih". Bahan yg semakin menumpuk itu berubah secara kimiawi menjadi hitam, sehingga terjadi "bintil hitam" di atas kantong rambut. Kemudian kelenjar miinyak dan kantong rambut membesar, lalu pecah dan meradang, serta menimbulkan benjolan yang berubah menjadi bisul (pimple). Bila situasinya parah, jaringan halus dalam kulit menjadi rusak dan kuman dapat menerobos ke dalam sehingga terjadi infeksi. Infeksi ini menimbulkan kerusakan pada kulit muka dan berbekas sehingga mengecewakan dan menimbulkan rasa malu (sensitif) pada si penderita. Oleh karena itu bila muncul jerawat segera obati agar tidak meninggalkan bekas. Pengobatan hendaklah berdasarkan rekomendasi dari dokter kulit, jangan berdasarkan terbujuk pada rayuan iklan obat jerawat, karena banyak kasus pengobatan "sendiri" berdasarkan iklan obat menyebabkan semakin parahnya jerawat tersebut.
Jalan terbaik adalah menjaga kesehatan tubuh secara total, agar tubuh tahan terhadap serangan segala jenis penyakit. Istirahat atau tidur secukupnya, sedikitnya 8 jam perhari. Kurangi atau hindari makanan berminyak yang dapat memicu timbulnya jerawat seperti goreng-gorengan dan coklat. Bahkan sebagian ahli kesehatan menyarankan agar tidak minum spt soft drink. Perbanyak konsumsi makanan sehat dan seimbang, a.l. seperti buah dan sayur.
Buah dan sayuran yang sudah dipercaya dapat mencegah jerawat dan mampu memperindah kulit adalah tomat, mentimun, paprika, buah anggur, grapefruit, cranberry, lemon, jeruk dan semangka. Agar effektif sebaiknya dikombinasikan dengan bahan yang mengandung antioksidan dan bekaroten, seperti wortel, mangga, melon, papaya, apricot, seledri, toge alfalfa, bayam, selada. Selain itu perlu juga yang mengandung vit. E dan zinc, seperti kacang2an, mete, wijen, avokad, plum, minyak zaitun.

JUS BEBAS JERAWAT (JBJ 1)

Bahan2: (a) 20 gr mangga, (b) 1/2 buah lemon, (c) 10 gr daun mint, (d) 3 kubus es batu
Cara Membuat: (a) Masukkan semua bahan ke blender, (b) Proses sampai lembut, (c) Sajikan dan segera diminum.

JUS BEBAS JERAWAT (JBJ 2)

Bahan2: (a) 1/2 wortel, (b) 1/2 buah apel, (c) 1/2 buah papaya, (d) 1 buah jambu biji, (e) 1/2 buah lemon, (f) 3 kubus es batu.
Cara Membuat : (a) Masukkan semua bahan ke blender, (b) Proses sampai lembut, (c) Sajikan dan segera diminum.

JUS BEBAS JERAWAT (JBJ 3)

Bahan2: (a) 250 gr apel, dipotong potong, (b) 50 gr stroberi, dipotong-potong, (c) 150 gr anggur merah, (d) 3 kubus es batu
Cara Membuat: (a) Ambil sari buah apel, stroberi, dan anggur merah dengan menggunakan juicer, (b) Tambahkan es batu dan diaduk sampai rata, (c) Sajikan dan segera diminum.

JUS BEBAS JERAWAT (JBJ 4)

Bahan2: (a) 300 gr paprika hijau, potong-potong, (b) 150 gr wortel, potong-potong, (c) 3 kubus es batu
Cara Membuat: (a) Ambil sari paprika dan wortel dengan menggunakan juicer, (b) Tambahkan es batu dan aduk sampai rata, (c) Sajikan dan segera diminum.
sumber : http://www.facebook.com/notes/ayo-nge-jus/jus-bebas-jerawat/

0 komentar:

Posting Komentar