Khasiat Jus Jambu Bagi tubuh

Beruntunglah bagi Anda yang suka mengkonsumsi buah-buahan, karena buah mengandung banyak manfaat yang tidak bisa kita peroleh dari produk lain. Salah satu jenis buah yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia adalah jambu.

Jambu yang kita ketahui ada tiga macam, yaitu jambu biji, jambu air dan jambu monyet. Masing-masing memiliki ciri khas tertentu. Jambu biji berbentuk bulat, berdaging agak keras, bijinya kecil-kecil dan rasanya manis.

Jambu air berdaging lebih lunak dengan bentuk yang agak lonjong, bijinya agak besar dan mengandung banyak air. Sedangkan jambu monyet, yang sering dikonsumsi adalah bijinya yang bernama mete dan ada di luar buah.

Kandungan Jus Jambu

Jus jambu memiliki banyak zat yang bermanfaat. Ada serat yang sangat berguna pencernaan, vitamin A yang sangat baik untuk mata, vitamin C yang berpengaruh besar pada kekebalan tubuh, serta karotenoid dan polifenol yang merupakan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah beberapa penyakit seperti kanker.

Khasiat Jus Jambu

Buah jambu bisa dimakan langsung atau diolah (umumnya dijadikan bahan rujak) Selain itu, jambu bisa kita jus untuk dijadikan minuman yang menyegarkan. Ada beberapa khasiat jus jambu yang patut Anda ketahui.

1. Mengobati diare

Bila Anda mendadak terkena diare, tak perlu ragu untuk mengkonsumsi jus jambu biji yang rasanya agak sepat ini. Selain buahnya, untuk mengobati diare bisa dengan meminum air rebusan daun jambu biji.

2. Mencegah sariawan

Jus jambu memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Bila Anda tidak ingin sariawan menyerang, konsumsilah minuman yang satu ini. Khasiat jus jambu pasti akan Anda rasakan bila rutin meminumnya.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh sangat bergantung pada kadar vitamin C yang ada di dalam tubuh kita. Jambu biji adalah buah yang memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi. Meminum jus jambu secara rutin, berarti mengkonsumsi vitamin C yang sangat berguna bagi tubuh. Bila daya tahan tubuh meningkat, tentu kita pun tak akan mudah sakit.

4. Memulihkan penderita DBD

Jus jambu merah sudah terkenal sebagai obat untuk penderita DBD atau yang sering kita sebut sebagai demam berdarah. Khasiat jus jambu yang satu ini adalah untuk meningkatkan kadar trombosit dalam darah, karena trombosit penderita demam berdarah pasti akan berkurang secara bertahap.

5. Menjaga kesehatan mata

Jus jambu biji kaya akan vitamin A dan tak kalah dengan wortel maupun tomat. Mengkonsumsi vitamin A yang terdapat dalam jus jambu biji ini tentu bisa menjaga kesehatan mata Anda dan terhindar dari gangguan mata seperti rabun dekat atau rabun jauh.

Jambu memang salah satu buah yang kaya manfaat, bahkan biji dari jambu biji itu sendiri diklaim mengandung asam lemak tak jenuh omega 3 dan omega 6.

Bila Anda bosan dengan minuman segar yang itu-itu saja, tak ada salahnya bila Anda mencoba rutin mengkonsumsi jus buah yang satu ini. Selain nikmat, khasiat jus jambunya pun pasti akan Anda rasakan.

0 komentar:

Posting Komentar